Wisata Laut Bangka

Pulau Bangka yang berjarak relatif dekat dengan Palembang mengandalkan potensi wisata laut dan keindahan pantainya bagi warga provinsi tetangga yang ingin menikmati liburan di daerah itu.

"Ujung barat pulau Bangka bisa ditempuh dengan perjalanan laut hanya 2,5 jam dengan kapal cepat dan jarak yang dekat itu harusnya mampu menjadi daya tarik bagi satu juta warga kota Palembang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka, Drs Yan Megawandi MSi, .

Warga Palembang sudah biasa pergi ke mal, restoran, bioskop atau Sungai Musi. Banyak dari mereka yang berkeinginan wisata laut dan menyelam yang bisa mereka dapatkan di Pulau Bangka.

Selama ini pasar wisata Palembang belum tergarap, terkait dengan kurangnya promosi berkesimbungan oleh Bangka terhadap keberadaan objek wisata yang dimiliki daerah itu.

Bangka lebih dikenal sebagai pulau yang kaya hasil timah, sedangkan sektor pariwisata tidak banyak mendapatkan publikasi.

Sebagai provinsi kepulauan, objek wisata pantai di Bangka sangat beragam. Wisatawan bisa melihat keindahan alam bawah laut, snorkeling, dan olahraga menyelam.

Pantai di Bangka juga sangat indah serta memiliki batu-batu raksasa yang terbentuk indah seperti disusun. Pasir Parai memiliki keindahan wisata bebatuan dan bahkan batu-batu di rock island memiliki pesona dan keindahan untuk dilihat.

Ke depan pasar wisata berupa penduduk Palembang itu akan diupayakan bisa berkunjung ke Bangka untuk menghidupkan sektor pariwisata yang akan menjadi sektor andalan penerimaan daerah.

Jumlah wisatawan yang datang ke Palembang setiap harinya mencapai ratusan orang, bila dilihat dari penumpang kapal cepat/feri, kapal penyeberangan serta pesawat udara.

Tidak ada komentar: